Di era internet dan digital seperti saat ini, media advertising fisik seperti poster, selebaran ataupun reklame tampak tidak menarik. Tapi jangan salah, walaupun terlihat kuno, jalur advertising ini masih efektif dilakukan di banyak daerah.
Contoh saja penggunaan reklame Palembang. Di sini tampilan barang di reklame masih tetap dapat menarik banyak orang sama seperti iklan – iklan di website digital.
Pergeseran Perspektif Advertising Tradisional
Banyak orang sekarang lebih mengutamakan advertising melalui internet. Tentu saja mereka tidak salah. Perbedaan biaya yang dikeluarkan antara pasang reklame besar dan pasang iklan di Facebook cukup besar. Daripada hanya pasang di satu lokasi reklame, iklan Facebook bisa disebar dan tampil di hadapan lebih banyak orang.
Perspektif inilah yang membuat banyak orang tidak lagi mementingkan penggunaan reklame ataupun media advertising tradisional lainnya. Sekarang banyak bisnis bahkan fokus untuk menjadi menonjol di dunia online tanpa harus menonjol di dunia nyata. Bisnis seperti ini memiliki website yang bagus dengan layanan penuh secara online, tapi saat dicari kantornya, tempat usaha mereka ternyata hanya rumahan biasa.
Memang kemampuan jangkauan advertising online lebih kuat dari tradisional. Tapi banyak orang yang masih memilih jalan tradisional karena memiliki perspektif berbeda. Jika bisnis Anda bersifat lokal (melayani satu kota), tentu saja advertising tradisional masih berfungsi baik. Contoh saja memasang reklame di Palembang untuk promosi rumah makan baru. Reach rumah makan ini tidak perlu sampai seluruh Indonesia. Jadi penggunaan reklame masih baik.
Media Advertising Yang Tradisional Namun Masih Efektif
Sign
Media ini lebih dikenal dengan papan tanda. Dulu penanda ini memberikan arahan di jalan seputar tempat usaha Anda. Contoh saja Anda memiliki restoran.
Anda bisa memasang sign ini di jalan – jalan yang bisa mengakses restoran Anda. Pada sign ini Anda memberi tanda jarak jalan dengan restoran tersebut. Bentuk Sign yang masih digunakan oleh Corporate besar adalah Pylon Sign dan Totem Sign.
Apakah Anda tertarik buat pylon sign di Palembang? Atau ingin buat totem sign di Palembang? Anda dapat memesan produk advertising ini kepada Biro Advertising Palembang, Sriwijaya Grafika.
Umumnya, penyedia jasa sign advertising juga menyediakan jasa buat sign berupa rambu di Palembang, termasuk buat rambu Pabrik di Palembang.
Sticker
Media tradisional lain adalah sticker. Dulu banyak bisnis yang membuat stiker besar untuk dipasang di unit langsung, mempromosikan toko mereka. Sekarang orang – orang buat sticker di Palembang dalam ukuran lebih kecil untuk promosi dan branding produk dan perusahaan mereka.
Vendor cetak sticker Palembang saat ini juga melayani pemesanan sticker untuk berbagai keperluan, tidak hanya fokus pada promosi tapi juga untuk penggunaan pada event tertentu. Contoh saja Stiker yang dibuat untuk acara seminar dan ekspo, sebagai gimmick untuk para hadirin, pemesan juga dapat memberikan audiens yang hadir sticker yang lucu dan menarik.
Berbicara soal ekspo, produk bantu seperti event desk juga sebenarnya merupakan media advertising. Tapi media ini lebih ditujukan pada skala sangat kecil seperti event ekspo. Bagi yang butuh event desk di Palembang, Anda bisa hubungi penyedia jasa advertising Palembang Sriwijaya Grafika.
Walaupun Menurun, Efektivitasnya Tetap Baik
Walaupun banyak orang saat ini meremehkan penggunaan reklame dan media advertising tradisional, secara efek tetap baik untuk promosi.
Jika Anda butuh bukti, coba Anda lihat di berbagai titik strategis di kota Anda. Reklame – reklame semacam billboard dan bahkan poster pasti masih bisa ditemukan di sudut – sudut kota.
Semua media advertising tradisional ini mungkin secara jumlah berkurang penggunaanya, tapi saat Anda melihat reklame tersebut, apakah efeknya berbeda?
Anda yang lewat lampu merah yang dipasang reklame, pasti melirik tulisan dan gambarnya bukan? Hal ini adalah contoh efektifitas dari media tradisional advertising masih bekerja baik.
Di internet, terkadang justru iklan – iklan memenuhi halaman website, akibatnya yang melihat jadi tidak fokus pada hal tersebut. Tapi saat di jalan raya dan tidak ada tampilan yang bersaing, melihat reklame bisa jadi refleks.
Selama orang melihat media reklame, efek iklan sudah berjalan. Semakin sering orang lalu lalang di jalan tempat reklame di pasang, mereka pasti mengingat iklan tersebut.
Jadi jangan salah, walaupun pemesan reklame Palembang berkurang, Anda tidak boleh meremehkan efeknya. Bagi yang ingin pemasaran lebih fokus pada local service, reklame masih bisa digunakan. Banyak pihak bahkan menyarankan hal ini karena membuat usaha Anda lebih menonjol dari sisi local.
Jika berbicara tentang media advertising yang masih umum digunakan, sekarang ada contoh – contoh yang justru naik penggunaanya di Palembang.
Mulai dari huruf timbul untuk menggantikan papan nama biasa, sampai layar video reklame (videotron) yang memutar iklan secara berulang – ulang. Walaupun berasal dari advertising tradisional, penggunaan produk advertising seperti ini tetap populer karena memiliki daya tarik spesial.
Media Advertising Lain yang Naik Daun di Palembang
Walaupun ada yang mulai berkurang penggunaanya, Anda bisa temukan beberapa jenis media advertising tradisional yang mulai naik daun juga. Penggunaan yang makin banyak ini karena pengaruh trend dan juga daya tarik dari media itu sendiri. Mari lihat media advertising tersebut di bawah ini:
Neon Flex
Anda bisa buat neon flex di Palembang lebih mudah sekarang ini. Bagi yang tidak tahu, neon flex adalah tabung selang panjang yang bisa direkayasa menjadi tulisan dan bentuk tertentu. Selang ini memiliki kandungan neon dan menyala. Jika pernah lihat bar – bar luar negeri, Anda akan lihat contoh penggunaan neon flex ini.
Neon Box
Neon box adalah media advertising yang sudah cukup lama ada. Tapi saat ini penggunaanya naik daun karena harganya makin murah. Harga yang terjangkau bahkan menggantikan plang nama usaha biasa di Palembang.
Kesimpulan
Perkembangan era pasti akan mengubah bentuk advertising yang digunakan. Palembang tergolong kota yang besar. Jika dibandingkan tempat seperti Lombok ataupun Kudus yang tergolong lebih tradisional, Bentuk advertising digital mungkin tidak populer di sana.
Di daerah seperti itu, rasa takut akan iklan digital masih tinggi. Mereka lebih memilih promosi dan media penjualan yang langsung bisa mereka lihat. Untuk sukses lewat reklame, desain dan informasi yang jelas menjadi kunci agar tampil meyakinkan. Mereka yang masih tidak percaya, bisa konfirmasi sendiri info di reklame itu lebih mudah daripada iklan digital.
Di era pemanfaatan gadget yang lebih tinggi saat ini memang banyak pihak mulai memanfaatkan iklan digital. Namun pengusaha yang bijak tetap menggunakan media advertising tradisional, selain juga membuat iklan – iklan digital. Penggunaan kedua media adalah jalan yang paling baik sekarang ini.
Sekian bahasan seputar penggunaan Reklame Palembang. Mudah – mudahan artikel ini bisa menjawab rasa penasaran Anda. Terima kasih sudah membaca artikel ini!
CV. Sriwijaya Grafika – Advertising
Kontak :
Hp / WhatsApp : 0851-00 888 748,
Tlp : (0711) – 561 4793,
email : sriwijayagrafika@gmail.com,
Facebook : sriwijayagrafika
Alamat : di Jl. AMD / Jl. Pertanian No.105 Rt. 29 Rw.05, Kel. Talang Jambe, Kec. Sukarami Palembang 30155